Pelanggaran Pada Bola Basket Pemula Harus Tahu!

pelanggaran-pada-bola-basket

Pelanggaran pada bola basket harus diketahui oleh para pemain pemula. Serta menjadi salah satu pengetahuan dasar yang wajib dipelajari sebelum benar-benar berkompetisi selain memahami peraturan permainan.

Pelanggaran yang sudah ditetapkan pada bola basket ini biasanya sama dan berasal dari Liga Basket Amerika Serikan, serta diterapkan pada hampir seluruh dunia termasuk juga Indonesia dengan kejuaraan nasionalnya IBL (Indonesia Basketball League).

Berikut ini macam-macam pelanggaran yang harus Anda ketahui oleh para pemula setelah mengetahui peraturan bermainnya.

Macam-macam Pelanggaran Pada Bola Basket

Melakukan pelanggaran pada saat bermain basket dianggap sebagai salah satu sikap kurang suportif. Biasanya jika pemain sudah melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi atau hukuman yang menguntungkan lawan.

Sanksi ini untuk setiap pelanggaran pada bola basket juga akan berbeda-beda tergantung dengan tingkat keparahannya. Berikut ini macam-macam pelanggaran pada olahraga bola tangan ini yang wajib diketahui oleh pemula.

  1. Personal fouls

Pelanggaran ini cukup sering terjadi selama permainan berlangsung, salah satunya saat pemain dengan sengaja melakukan kontak fisik pada lawan. Kontak fisik yang dianggap jadi pelanggaran antara lain memukul, mendorong, menahan badan, menampar, serta menghalang-halangi lawan dengan sengaja.

Hukuman yang akan diberikan pada pelanggaran pada bola basket ini adalah 3 free throw adalah pemain yang dilanggar saat akan shooting three point dan gagal. 2 free throw diberika jika tim lawan sudah melakukan 10 kali sampai lebih pelanggaran.

1 free throw diberikan jika seorang pemain dilanggar saat akan shooting tetapi tetap berhasil. Inbound istilah ini digunakan saat jika seorang pemain dilanggar saat tidak shooting, hukumannya tim berhak melakukan lemparan ke dalam pada sisi garis terdekat.

One and one dilakukan jika tim yang sudah melakukan pelanggarannya sudah memiliki tujuh pelanggaran dalam satu pertandingan. Pemain yang dilanggar akan memiliki dua kesepatan lemparan, pertama satu lemparan bebas jika berhasil ia akan mendapatkan free throw lagi.

  1. Charging

Pelanggaran ini cukup ofensif jika pemain melakukan dorongan atau menabrak pemain bertahan hukumannya wasit akan memberikan bola pada lawan atau disebut juga turnover pada tim lawan.

  1. Blocking

Pelanggaran pada bola basket ini dilakukan saat adanya kontak fisik akibat pemain belakang ada pada posisi tepat untuk mencegah lawan mencetak skor ke keranjang dan melakukan dorongan.

  1. Pelanggaran flagrant

Untuk jenis ini pelanggaran dilakukan termasuk memukul, meninju, menendang. Hukuman yang didapatkan akan memberikan lemparan bebas dan penguasaan bola basket pada saat setelah lemparan bebas.

  1. Travelling foul

Travelling foul merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain pemula atau junior. Travelling ini merupakan pelanggaran melangkah dua kali tanpa melakukan dribble. 

Pada kompetisi elite biasanya pemain yang melakukan travelling foul sedang bingung mencari ruang tembak. Hukuman jika pemain melakukan travelling foul adalah turn over atau perpindahan bola.

  1. Technical foul

Jenis ini tidak terjadi pada saat di lapangan, tetapi technical foul akan terjadi di luar area permainan. Seorang pemain atau pelatih bisa mendapatkan pelanggaran pada bola basket ini karena masalah tata krama mereka.

Contoh pelanggarannya adalah berkata kotor, bersikap rasis dan tidak senonoh serta bertengkar hebat hingga tidak bisa ditoleransi oleh wasit yang memimpin permainan pada saat itu.

Technical foul dianggap sebagai pelanggaran berat dalam permainan bola tangan ini. ada beberapa jenis hukuman yang akan diterima antara lain dikeluarkan dari pertandingan atau sering disebut sebagai ejected.

Free throw untuk tim lawan, hingga pihak yang melanggar wajib untuk membayar denda pada penyelenggara liga kompetisi atau kejuaraan yang sedang dijalani. 

Bagi Anda pemain pemula atau bahkan memainkan basket hanya untuk hobi saja, tidak ada salahnya untuk mengerti sedikit pelanggaran pada bola basket agar bisa menjaga permainan tetap fairplay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *