Tips Bermain Sepak Bola, Agar Cepat Mahir

tips bermain sepak bola

Ada beberapa tips bermain sepak bola yang perlu diperhatikan agar bisa cepat mahir dan dapat menjadi pemain handal. Sepak bola merupakan jenis olahraga yang paling banyak digemari saat ini.

Mulai dari anak-anak hingga dewasa, banyak yang menggemari olahraga satu ini. Untuk bisa menjadi pemain sepak bola professional dibutuhkan banyak kerja keras yang dilakukan secara konsisten.

Bila ingin cepat mahir dalam bermain sepak bola, dan ingin menjadi pemain sepak bola professional. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui, dalam artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap.

Beberapa Tips Bermain Sepak Bola

Seperti dibahas sebelumnya, bila ingin cepat mahir dalam bermain sepak bola, ada tips yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tips agar Anda cepat mahir bermain sepak bola, antara lain :

  1. Harus selalu memiliki rencana

Tips bermain sepak bola yang pertama, dalam bermain sepak bola, Anda harus selalu memiliki rencana. Tanpa rencana, perkembangan kemampuan Anda dapat berlangsung lama. Karena rencana dapat membantu Anda.

Untuk berusaha lebih keras dalam mencapainya. Misalkan saja saat berlatih, Anda harus tahu secara pasti untuk apa melakukan latihan tersebut, apa tujuan yang perlu dicapai.

  1. Pahami taktik permainan dalam team

Saat ini banyak pemain baru yang berusaha untuk fokus meningkatkan kemampuan diri sendiri daripada menjadi bagian dari team. Anda mempunyai peluang lebih baik untuk dapat berkembang lebih cepat.

Ketika Anda memiliki pemahaman penuh tentang taktik permainan. Dengan begini, penting untuk mempelajari segala jenis formasi yang paling populer. Selain itu pahami juga formasi yang digunakan pelatih.

  1. Fokus pada pertahanan team terlebih dahulu

Tips bermain sepak bola yang berikutnya ialah, Anda perlu Fokus pada pertahanan team terlebih dahulu. Bagi pemain baru, memang sulit untuk melakukan latihan bertahan dibanding menyerang.

Padahal pada kenyataanya, keduanya sama-sama dapat membuat Anda lebih baik ketika bermain. Karena pertahanan yang bagus dapat menghasilkan peluang ofensif terbaik. Sehingga penting untuk fokus pada pertahanan team terlebih dahulu.

  1. Jangan mencoba menjadi sempurna

Memang benar, Anda harus bisa menjadi pemain sepak bola terbaik. Tetapi bukan berarti Anda harus memberikan tekanan luar biasa kepada diri sendiri. Fokus utama yang perlu Anda miliki.

Ialah berkembang untuk menjadi pemain yang lebih baik. Hal tersebut berarti Anda harus mengenali kelemahan dan memperbaikinya secara perlahan-lahan, agar bisa terus menjadi pemain yang lebih baik.

  1. Latih kemampuan mengelola bola

Tips bermain sepak bola yang selanjutnya ialah Anda perlu melatih kemampuan Anda dalam mengelola bola. Gerakan kedua kaki Anda secepat mungkin, sambil tetap mengontrol bola.

Pantulkan bola di antara betis, seakan-akan Anda mengopernya dari bagian dalam kaki kiri ke kanan. Lakukan gerakan tersebut dengan cepat, lakukan juga gerakan-gerakan kecil untuk melontarkan bola secara bolak-balik.

  1. Belajar menggiring bola menggunakan semua bagian kaki

Berlatihlah untuk menggiring bola pada area sepanjang 27 meter. Variasikan bagian kaki dan kecepatan yang digunakan untuk menggerakkan bola. Pastikan bola dapat Anda arahkan dan gerakkan sekehendak hati.

  1. Bekerja keras walaupun tanpa bola

Pemain sepak bola pemula hanya perlu bekerja keras agar menjadi lebih baik. Salah satunya termasuk pada saat tidak menguasai bola. Beberapa pemain biasanya menyimpan semua fokus saat menerima umpan. 

Padahal hal tersebut hanya bagian kecil dari permainan sepak bola. Maka, ketika rekan Anda menguasai bola, usahakan agar Anda mendapatkan ruang terbaik sesuai dengan posisi Anda.

Jadi bagi Anda yang ingin cepat mahir dalam bermain sepak bola, kini tidak perlu bingung lagi. Sebab sudah ada beberapa tips bermain sepak bola yang bisa dipraktikkan, agar cepat mahir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *