Peraturan dalam Sepak Bola, Lengkap dengan Penjelasan

peraturan-dalam-sepak-bola

Terdapat beberapa peraturan dalam sepak bola yang wajib diketahui para pemainnya. Seperti yang kita tahu, sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak peminat.

Oleh sebab itu, tidak heran bila sepak bola sering kali dimainkan serta dipertandingkan di kalangan manapun tanpa memandang umur. Mulai dari pertandingan sepak bola junior, hingga kelas dunia.

Namun perlu diketahui, dalam pertandingan sepak bola ini ada beberapa peraturan yang wajib ditaati. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa peraturan tersebut, lengkap dengan penjelasannya.

Berikut Peraturan dalam Sepak Bola

Seperti dibahas sebelumnya, dalam permainan sepak bola ada beberapa peraturan yang wajib ditaati para pemainnya. Berikut ini beberapa peraturan tersebut beserta penjelasannya, di antaranya seperti :

  1. Aturan lama dalam permainan

Peraturan dalam sepak bola yang pertama ini merupakan peraturan lama. Normalnya, permainan ini berdurasi 2×45 menit, dengan waktu istirahat 15 menit di kedua babak. Namun bila dibutuhkan perpanjangan waktu.

Maka, durasi perpanjangan waktunya ialah 2×15 menit. Jika skor masih sama, dilakukan adu penalti hingga salah satu team mampu mencetak gol paling banyak. Begitulah perturan lama dalam permainan sepak bola.

  1. Perturan penggunaan bola

Pada umumnya, bola yang dipakai dalam pertandingan sepak bola terbuat dari bahan kulit atau bahan lain. Ukuran bola tidak boleh lebih dari 70cm dan kurang dari 68cm dengan berat 459gr.

  1. Peraturan pemain

Peraturan dalam sepak bola yang berikutnya adalah tentang peraturan pemain. Dalam setiap regu, berisi 11 orang pemain salah satunya menjadi penjaga gawang. Permainan sepak bola tidak bisa dilakukan.

Apabila di dalam 1 team jumlah pemainnya kurang dari 7 orang pemain. Selain itu, daftar nama pemain cadangan wajib diberikan kepada wasit, sebelum pertandingan sepak bola dimulai.

  1. Kartu merah dan kartu kuning

Kartu merah ialah peringatan bagi para pemain yang melakukan pelanggaran keras di dalam pertandingan. Bila pemain memperoleh kartu merah, berarti dia harus keluar dari lapangan pertandingan.

Sedangkan kartu kuning ialah peringatan saat pemain melakukan perbuatan yang menyalahi aturan. Bila pemain memperoleh 2 katu kuning, maka pemain tersebut akan memperoleh kartu merah dan dikeluarkan dari lapangan.

  1. Free kick atau tendangan bebas

Peraturan dalam sepak bola yang selanjutnya adalah Free kick atau tendangan bebas. Di dalam sepak bola, free kick terbagi menjadi 2 jenis, yakni tendangan bebas langsung dan tidak langsung.

Tendangan bebas tidak langsung merupakan tendangan bebas yang harus menyentuh pemain seteam, baru ditembakkan ke gawang. Sedangkan tendangan bebas langsung, tendangan yang langsung diarahkan ke gawang, tanpa menyentuh teman seteam.

  1. Tendangan penalti

Tendangan penalti diberikan kepada team yang pemainnya dilanggar di luar kotak pinalti musuh. Selama proses tendangan penalti ini, para pemain lainnya harus ada di luar kotak penalti.

Saat penalti telah dilakukan dan berhasil terjadi gol, permainan berjalan seperti biasa. Namun bila gagal gol, bola masih berada di area permainan, kedua regu boleh memperebutkan bolanya dan melanjutkan permainan.

  1. Tendangan sudut dan tendangan gawang

Tendangan sudut dilakukan pada saat bola terakhir disentuh team yang bertahan dan melewati garis gawang. Team penyerang memperoleh tendangan sudut. Sedangkan tendangan gawang dilakukan ketika bola melewati garis gawang.

Namun yang terakhir menyentuh bola ialah pemain yang menyerang. Dalam melakukan tendangan gawang ini, bola harus ditendang dari ujung gawang, yakni kotak di area penalti.

Jadi bagi Anda yang gemar bermain sepak bola, dan ingin menjadi pemain bola professional. Kini Anda sudah mengetahui, apa saja peraturan dalam sepak bola yang wajib ditaati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *