Tips Basket Pemula, Anti Malu dan Bingung!

Tips-basket-pemula

Tips basket pemula merupakan salah satu informasi dasar yang dibutuhkan ketika Anda akan memainkan basket, namun belum berpengalaman atau mengeti mengenai aturannya. Apalagi basket saat ini merupakan olahraga yang banyak memiliki penggemar.

Ketika Anda diajak bermain basket oleh teman-teman dan tidak bisa menghindarinya, maka tips bagi pemain basket pemulapada artikel inidapat membantu. Anda dapat terhindari dari kebingungan dan rasa malu.

Tips Basket Pemula yang Mudah

Berikut beberapa tips basket pemula yang dapat Anda jadikan panduan sebelum memainkan basket bersama teman atau rekan kerja:

  1. Pemain Harus Mengoper Bola

Mengoper basket atau passing merupakan salah satu tips dasar ketika bermain basket. Anda dapat memindahkannya menuju tim atau pemain sekutu.

Mengoper ini sering dilakukan ketika seseorang melihat temannya berada posisi menyerang yang baik, atau memiliki kesempatan menembakkannya ke dalam ring lawan. 

Untuk bisa membuat operan yang tepat, Anda harus mengoperanya secara akurat dan tajam. Salah satu cara mengoper yang sering digunakan adalah dengan memegang bola menggunakan kedua tangan di depan dada. Setelah itu baru mengopernya.

Ada juga operan memantul yang cara memegangnya sama dengan operan dada, namun bola dipantulkan dulu ke lantai. Setelah itu teman yang ditargetkan akan mengambilnya.

  1. Jangan Berhenti Menggiring Bola

Meskipun Anda ingin mengoper kepada rekan setim, jangan pernah berhenti bergerak atau teruslah menggiring. Hal ini merupakan tips basket pemula selanjutnya. Karena jika berhenti saat akan mengoper, hal ini justru masuk ke dalam kategori pelanggaran.

Anda dapat mengambil dua langkah terlebih dulu tanpa menggiring bola sebelum mengoper atau menembakkannya. Jika lebih dari dua langkah, maka dihitung pelanggaran juga.

  1. Memantulkan Bola Menggunakan Ujung Jari

Pemula biasanya akan kesulitan ketika harus mengendalikan bola dengan cara ini. Namun tips basket pemula ini sangat membantu agar basket bisa dikendalikan dengan aman dan baik.

Ada dapat memulainya dengan berdiri sambil memantulkan dengan ujung jari. Pastikan pergelangan tangan harus lentur ketika melakukannya. Upayakan juga untuk hanya sesekali menggerakkan siku.

  1. Kendalikan Bola Setinggi Pinggang

Anda dapat melatih untuk mengendalikannya agar setinggi pinggang, meskipun awalnya akan terasa sulit. Sebelum terbiasa menggiring dengan ketinggian yang lebih, Anda dapat mengendalikannya dengan pantulan yang rendah terlebih dahulu. 

  1. Pandangan Harus Tepat

Ketika menggiring atau mengoper, pastikan pandangan dan kepala tetap waspada akan serangan dari tim lawan. Oleh karen itu, Anda tidak boleh hanya fokus kepada bola di tangan saja.

Pandangan yang tepat adalah dengan melihat ke sekeliling, bukan melihat ke arah bawah, hanya melihat basket, atau bahkan lurus ke depan saja. 

Dengan pandangan ini, Anda akan lebih mudah untuk mencari celah dalam menyerang lawan, memasukkannya ke dalam ring, ataupun mengopernya kepada rekan satu tim. 

  1. Menembakkan Bola

Anda dapat mengikuti tips berikut untuk menembakkan bola ke dalam ring lawan. Caranya adalah berhenti sebentar saat menggiring, pegang basket menggunakan dua tangan. Setelah itu pastikan arah tubuh dan pandangan lurus menuju ring.

Setelah itu Anda dapat melemparkannya dengan mengambil satu pantulan bola atau dribble sembari dengan cepat mengubah arah pinggul.

Selanjutnya, jika ingin memiliki tenaga lebih besar, Anda dapat berjongkok. Setelah itu melompat dan secara bersamaan Anda melakukan gerakan untuk memasukkan bola ke dalam ring. Pastikan lompatan tersebut ke arah atas agar bisa mendapat kekuatan lebih.

Tips basket pemula ini dapat Anda ikuti agar dapat mengiringi permainan dari rekan satu tim maupun lawan, sehingga permainan terasa lebih menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *